Lagu Lawas Ebiet G Ade yang Buat Terenyuh

Ebiet G Ade merupakan penyanyi pada era 80-an yang memiliki lagu – lagu hits dan hingga saat ini masih menjadi lagu – lagu yang didengarkan oleh orang banyak. Bukan hanya menghibur, lagu – lagu yang Ebiet G Ade sarat akan makna dan pesan mendalam. Bahkan terdapat beberapa kisah pilu di Tanah Air yang ia angkat menjadi sebuah karya.

Hal itu membuat lagu – lagu Ebiet G Ade mendapat tempat tersendiri bagi para pendengarnya. Berikut ini terdapat beberapa lagu dari Ebiet G Ade yang selalu diingat oleh orang.

Lagu Ebiet G Ade Terbaik

1.Titip Rindu Buat Ayah

Ayah dalam hening sepi kurindu

Untuk menuai padi milik kita

Tapi kerinduan tinggal hanya kerinduan

Anakmu sekarang banyak menanggung beban

Jika merindukan sosok Ayah, coba dengarkan lagu dari Ebiet G Ade satu ini. Sosok Ayah memang memiliki tempat di hati kita, terlepas seperti apa sifat yang Ayah kita tampakkan. Saat melihat ayah mulai menua, disitu kita akan semakin sadar setabah apa dia memperjuangkan kesejahteraan keluarga.

2.Berita Kepada Kawan

Sesampainya di laut

Kukabarkan semuanya

Kepada karang

Kepada ombak

Kepada matahari

Tetapi semua diam, tetapi semua bisu

Tinggal aku sendiri, terpaku menatap langit

Kedua, ada lagu berjudul Berita Kepada Kawan yang ditulis pada tahun 1978, saat itu belum lama terjadi bencana gas beracun di Daratan Tinggi Dieng. Perasaan sedih menyelimuti lagu ini karena bencana yang terjadi tersebut. Banyak yang terpaksa harus kehilangan keluarga karena bencana tersebut. Lagu ini akan mengajak kita untuk kembali merenungkan, mungkin segala bencana yang ada saat ini karena tuhan sudah mulai lelah dengan tingkah kita yang tidak tahu bersyukur.

3.Untuk Kita Renungkan

Kita mesti telanjang dan benar – benar bersih

Suci lahir dan di dalam batin

Tengoklah ke dalam, sebelum bicara

Singkirkan debu yang masih melekat

Dilihat dari judul dan penggalan liriknya saja kita seharusnya sudah menyadari kalau lagu ini mengenai perenungan. Semua yang terjadi di dunia ini karena adanya kehendak tuhan, kita harus sadar akan hal itu. Hanya pada tuhan kita kembali dan itu sudah sewajarnya kita untuk tunduk sujud kepada tuhan. Lagu ini sendiri ditulis setelah terjadi bencana letusan Gunung Galunggung di tahun 1982.

4.Elegi Esok Pagi

Barang kali di tengah telaga

Ada tersisa butiran cinta

Dan semoga kerinduan ini

Bukan jadi mimpi di atas mimpi

Elegi Esok Pagi merupakan lagu yang cocok untuk mereka yang sedang jatuh cinta. Pasti setiap orang ingin cintanya terbalaskan, bukan hanya angan atau bayang. Ungkapan cinta yang sederhana namun tulus serta menarik. Dari lirik “Ijinkanlah aku rindu pada hitam rambutmu” saja bisa membuat kita merasakan rasa cinta dari seseorang.

5.Kupu – Kupu Kertas

Kupu – kupu kertas

Yang terbang kian kemari

Aneka rupa dan warna

Dibias lampu temaram

Terakhir yang akan kami bahas adalah lagu Kupu – Kupu Kertas yang hingga kini masih menuai banyak perdebatan mengenai sebenarnya apa makna dari lagu ini. Banyak memiliki pendapat kalau lagu ini mengenai seseorang yang mengharapkan cinta yang tidak mungkin didapat. Tetapi ada juga yang menyamakan dengan makna dari kupu – kupu malam yang selalu menebar pesona dan terbang ke sana dan ke mari.

Itu tadi adalah beberapa lagu Ebiet G Ade yang hingga kini masih sering kali didengarkan oleh para pecinta musik. Diantara 5 lagu tersebut, mana yang merupakan lagu favoritmu?

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *