Sejarah Musik Jazz Dan Perkembanganya Hingga Saat Ini

Sejarah Musik Jazz Dan Perkembanganya Hingga Saat Ini

Sejarah Musik Jazz – Musik Jazz diperkenalkan oleh warga Afro-Amerika di abad ke 19 hingga awal abad 20. Genre musik yang satu ini dipengaruhi oleh struktur harmoni Eropa dan ritme Afrika.

Sejarah Musik Jazz

Dalam perkembangannya , musik jazz tidak bisa terlepas dari peran orang kulit hitam yang ada di Amerika Serikat. Awalnya musik jazz dianggap sangat membosankan dan sulit untuk dimengerti.

Dilansir dari American History , musik jazz merupakan jenis musik yang mengutamakan dan mementingkan unsur improvisasi. Musik ini biasanya digunakan untuk mengkepresikan berbagai perasaan dan emosi yang dimiliki oleh seseorang seperti kebahagiaan ataupun tangisan.

Sejarah Musik Jazz

Banyak juga orang yang menggunakan musik jazz sebagai sarana menyampaikan kebebasan. Seperti klikwin88 login yang kita ketahui di masa itu diskriminasi orang kulit hitam masih sangat kental sehingga mereka sering mendapatkan perlakuan tidak adil.

Namun seiring berkembangnya waktu , musik ini berinteraksi dengan genre musik lainnya seperti rock , RnB , pop dan lainnya. Tidak jarang saat ini ketika mendengar irama jazz di sela sela genre musik tersebut.

Hal ini yang akhirnya membuat musik jazz mulai diterima di semua kalangan. Tidak hanya para orang tua , namun banyak juga anak muda yang sangat menyukai genre musik yang satu ini.

Dixieland

Dixieland merupakan salah satu genre musik jazz yang cukup terkenal. DIxieland yang juga disebut early jazz (jazz awal) ini diperkenalkan oleh band yang bernama New Orleans ditahun 1910.

Genre musik jazz yang satu ini biasanya menggunakan alat musik ansambel kecil, yakni klarinet, terompet serta trombon. Tak ketinggalan drum , banja , piano , tuba hingga string bass sebagai irama tambahan.

Swing

Berbeda dengan Dixieland , genre Swing ini lebih berfokus pada alat musik ansambel besar seperti saksofon , terompen dan trombo untuk mengiringi lagu.

Untuk pengiringnya biasanya menggunakan piano , drum , bass , string ataupun gitar. Biasanya genre ini memiliki banyak sekali improvisasi yang dilakukan.

Bebop

Bebop atau yang lebih sering disebut dengan Bop menjadi genre musik jazz yang menandakan kembalinya menggunakan alat ansambel kecil.

Ciri dari genre musik jazz yang satu ini ialah harmoninya lebih kompleks , tempo sangat cepat serta garis melodinya yang tak terputus.

Dibalik ketenaran musik jazz saat ini , terdapat 4 tokoh penting yang sangat berperan dalam evolusi musik jazz. Mereka adalah Louis Armstrong, Duke Ellington, Charlie Parker serta Miles Davis.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *